Positive Thinking

Belajar untuk bijak

  1. Takhlukkan Diri Anda Sendiri dan Anda akan Menakhlukkan Dunia;
  2. Menabung Pangkal Miskin, Investasi Pangkal Kaya, alasannya karena bunga bank tidak akan pernah mengalahkan inflasi;
  3. Ketika Anda tidak diperhitungkan, disaat itulah para Kompetitor lengah, dan disaat itu jugalah adanya kesempatan;
  4. Bila Kita mencoba dan terjatuh, terjatuhlah kedepan;
  5. "Saya Sudah Tahu" adalah penghalang terbesar untuk maju;
  6. Apa beda Pintar dan Cerdas ?; Pintar = Menang diatas kertas, sedangkan Cerdas = Menang di Lapangan;
  7. Lakukanlah walaupun Anda tidak ingin "melakukannya", itulah sebuah pertumbuhan.
  8. Disaat orang-orang sudah tertidur, itulah kesempatan untuk melangkah lebih maju. Disaat orang-orang belum terbangun, itulah kesempatan untuk melangkah lebih cepat.
  9. Hal Pertama yang harus dilakukan untuk membangun bisnis yang besar adalah dengan membangun manusia.
  10. Jujur, sampai sekarangpun saya masih takut untuk ditolak. Tapi saya lebih takut tidak melakukan apapun.
     

My Bag

Setiap hari sebagian besar dari kita membawa tas kerja dalam perjalanan pergi dan pulang kantor. untuk kaum wanita, tas merupakan salah satu atribut penampilan yang penting. waktu libur, cobalah bongkar semua isi tas itu, isinya adalah barang-barang yang sudah tidak kita perlukan: struk ATM yang sudah buram, bungkus tissue, agenda/buku yang jarang dibaca, sekumpulan uang logam yang kotor, pen yang sudah macet, kumpulan tagihan kartu kredit bulan-bulan lalu, kertas-kertas brosur kadaluarsa dsbnya. meski mungkin ringan, tetapi umunya barang-barang yang tidak diperlukan itu terus menambah berat tas kita, sehingga kita sebaiknya menyortir & membuang barang-barang yang tidak berguna  yang membebani tas kita.


My Mind

Kadang mirip dengan My Bag diatas, pikiran kita (tanpa disadari) selama ini sering kita bebani dengan hal-hal yang tidak perlu: Penyesalan Masa lalu, ssakit hati, ingin balas dendam, kecewa, jengkel, iri hati, egois, kurang kooperatif, perasaan tidak puas atas kondisi yang terjadi, rendah diri, konflik keluarga maupun dengan pihak lain dan sebagainya. Pikiran-pikiran yang tidak perlu itu akan membebani perjalanan hidup kita, sehingga dampaknya raut wajah akan kelihatan suntuk, jutek, stress, hidup kurang nyaman, dan yang parah adalah kita akan membenci semua hal-hal yang tidak sesuai dengan kemauan kita. ini semua ibarat tas yang kelebihan isi dan beban yang tak perlu.

Yang harus kita lakukan terhadap My Mind adalah sama dengan yang kita lakukan dengan My Bag diatas. Sortir & Buanglah segala beban pikiran yang tidak ada manfaatnya itu.

Kosongkan lagi alam pikiran dan otak anda agar bisa menerima tambahan hal-hal berguana yang baru yang akan anda hadapi, anda akan mendapat kesegaran Pikiran dan juga secara fisik.


Seorang Ibu di Cina yang sudah tua memiliki 2 buah tempayan yang digunakan untuk mencari air, yang dipikul dipundak  dengan menggunakan sebatang bambu. salah satu dari tempayan itu retak, sedangkan yang satunya tanpa cela & selalu memuat air hingga penuh. Setibanya dirumah setelah menempuh perjalanan panjang dari sungai, air di tempayan yang retak tinggal 1/2. Selama 2 tahun hal ini berlangsung setiap hari, dimana Ibu itu membawa pulang air hanya 1 1/2 tempayan. Tentunya sitempaan yang utuh sangat bangga akan pencapaiannya.

Namun tempayan yang retak merasa malu akan kekuranggannya & sedih sebab dari kewajibannya. Setelah 2 tahun yang dianggapnya sebagai kegagalan, akhirnya dia beerbicara kepada Ibu tua itu di dekat sungai. "Aku malu, sebab air, selalu bocor melalui bagian tubuhku yang retak disepanjang jalan menuju rumahmu. Ibu itu tersenyum, " Tidakkah kau lihat bungan beraneka warna di jalur yang kau lalui, namun tidak ada di jalur yang satunya?. Aku sudah tahu kekuranganmu, jadi aku menabur benih bunga dijalurmu dan setiap hari dalam perjalanan pulang kau menyirami benih-benih itu. Selam 2 tahun aku bisa memetik bunga-bunga cantik untuk menghias meja. Kalau kau tidak seperti itu, maka rumah ini tidak seindah ini, sebab tidak ada bunga."Kita semua mempunyai kekurangan masing-masing, namun keretakan & kekurangan itulah yang menjadikan hidup kita bersama menyenangkan & memuaskan. Kita harus menerima setiap orang apa adanya dan mencari yang terbaik dalam diri mereka.


Ketika kerja kita, tidak dihargai, maka saat itu, kita sedang belajar tentang : KETULUSAN;

Ketika usaha kita dinilai tidak penting, maka saat itu kita sedang belajar tentang : KEIKHLASAN;

Ketika hati kita terluka sangat dalam, maka saat itu kita sedang belajar tentang : MEMAAFKAN;

Ketika kita harus "Lelah & Kecewa", maka saat itu kita sedang belajar tentang : KESUNGGUHAN;

Ketika kita merasa "Sepi & Sendiri", maka saat itu kita sedang belajar tentang : KETANGGUHAN;

Ketika kita harus membayar biaya yang sebenarnya tidak perlu kita tanggung, maka saat itu kita sedang belajar tentang : KEMURAHAN HATI;

Tetap Semangat; Tetap Sabar; Tetap Tersenyum; Tetap Belajar; Terus Menjalaninya.

Karena kita sedang menimba  ilmu di Universitas KEHIDUPAN

Kita berada ditempat kita yang sekarang, bukan karena KEBETULAN

Orang yang Hebat tidak dihasilkan melalui Kemudahan; Kesenangan; Ketenangan.

Mereka dibentuk melalui Kesukaran; Tantangan; Airmata; Cinta Kasih.

Ketika kita mengalami sesuatu yang sangat berat dan merasa ditinggalkan sendiri dalam hidup ini "Angkatlah Tangan dan Kepala Kita Ke Atas, Tataplah Masa Depan Kita & Percayalah Tuhan Beserta Kita"

Ketahuilah, kita sedang dipersiapkan menjadi Orang Luar Biasa !!


 Jika engkau tidak mampu menjadi beringin yang tegak di puncak bukit, Jadilah belukar, tetapi belukar yang baik yang tumbuh di tepi danau.

Kalau kamu tak sanggup menjadi belukar, jadilah saja rumput yang memperkuat tanggul pinggiran jalan.

kalau engkau tak mampu menjadi jalan raya, jadilah saja jalan kecil, tetapi jalan setapak yang emmbawa orang ke mata air.

tidaklah semua orang menjadi kapten, tentu harus ada awak kapalnya...

Bukan besar kecilnya tugas yang menjadikan tinggi rendahnya nilai dirimu,

Jadilah saja dirimu... Sebaik-baiknya dari dirimu sendiri

Layang-layang bisa terbang tinggi karena melawan arah angin, demikian juga dengan hidup kita.

Jangan Marah dan Sakit Hati dengan orang yang bertentangan dan tidak searah dengan kita, karena orang seperti inilah yang akan membuat kita semakin kuat dan naik terbang tinggi.


Sukses itu tidak serumit/ serahasia seperti kata Kiyosaki/Tung Desem Waringin/The Secret.

Sukses itu perlu dikejar. Sukses adalah Anda!

 Karena kesuksesan terbesar ada pada diri Anda Sendiri...Bagaimana anda tercipta dari pertarungan jutaan sperma untuk membuahi 1 ovum, itu adalah sukses pertama Anda!

 Bagaimana Anda bisa lahir dengan anggota tubuh sempurna tanpa cacat, itulah kesuksesan Anda Kedua...

Ketika Anda ke sekolah bahkan bisa menikmati sampai studi S1, disaat yang sama setiap menit ada 10 siswa drop out karena tidak mampu bayar biaya sekolah, itulah sukses Anda Ketiga...

Ketika Anda bisa bekerja di perusahaan, disaat yang sama 46 juta orang menjadi pengangguran, itulah kesuksesan Anda Ke-empat...

Ketika Anda masih bisa makan 3x sehari, disaat orang mamti kelaparan setiap bulannya, itulah kesuksesan Anda yang Kelima...

Sukses terjadi setiap hari. Namun Anda tidak pernah menyadarinya.

Sukses selalu dibiaskan oleh penulis buku laris supaya bukunya bisa terus-terusan jadi best seller, dengan membuat sukses menjadi hal yang rumit & sukar didapat...

Sukses tidak melulu soal harta, rumah mewah, mobil sport, jam Rolex, pensiun muda, menjadi pengusaha, punya kolam renang/helikopter, punya istri cantik seperti Donald Trum & Resort mewah di Karibia... atau suami ganteng, keren seperti Tom Cruise.

Sukses Sejati seaslinya adalah :"HIDUP PENUH SYUKUR"


Nasehat Hidup Sejahtera versi matematika :

Dosa jangan di (+); Amal jangan di (-); Cinta jangan di (:); Hidup hanya 1 (X)

Tertawa karena Bahagia; Menangis karena Derita; Bertobat karena Dosa; Beribadah karena Takwa;

Hidup tanpa Cinta pasti Hampa: Hidup gila Harta pasti Celaka; Hidup penuh Dosa akan ke Neraka;

HIDUP BERSYUKUR DAN APA ADANYA, PASTI BAHAGIA!!


Perbedaan:

"A dan B sama-sama diterima disebuah perusahaan distribusi sebagai salesman setelaah lulus. Mereka berdua bekerja keras, dua tahun kemudian bosnya mengangkat si A menajdi supervisor sedangkan si B tetap menjadi salesman. Suatu hari si B tidak tahan lagi dan mengajukan pengunduran diri kepada bosnya, alasannya perusahaan tidak memperhatikan orang yang bekerja keras, hanya orang yang pandai menjilat bos saja yang bisa naik pangkat. Bosnya tahu bahwa si B pekerja keras tetapi untuk menyadarkan B apa beda si A dan B maka bos memberikan satu tugas kepada B. Ia meminta B untuk menemukan seorang pedagang semangka di pasar dekat kantor. Saat B kembali, bos bertanya: "Sudah Temukan ?", B menjawab: "Sudah Pak", Berapa Harga semangkanya?, B pergi lagi kepasar untuk menanyakan harga semangka lalu kembali menghadap bos dan berkata Rp. 1.000 per kg pak. Bos berkata kepada B bahwa sekarang dia akan memberi perintah yang sama kepada si A. si A ke pasar dan setelah kembali menghadap ke bos. A melaporkan kepada bos: "Dipasar ada 1 pedagang semangka, harga semangka Rp. 1.000 per kg, kalau beli 100 kg hanya Rp.800 per kgnya. ia mempunyai stock 324 biji, yang 32 dipajang di counternya. semangka didatangkan dari Indramayu 2 hari yang lalu, warna hijau segar & isinya merah jingga, kualitasnya bagus. setelah mendengarnya B terkesan dengan laporan si A dan segera kembali bekerja.

Morale of the story : Bekerja lebih keras saja tidak cukup! Seorang yang lelbih sukses meneliti lebih banyak, berpikir lebih banyak & mengerti lebih mendalam.

Untuk alasan yang sama seorang yang lebih sukses melihat beberapa tahun kedepan sedangkan yang tidak sukses hanya melihat esok hari saja.

Perbedaan antara 1 hari & 1 tahun adalah 365 kali lipat.


Great Mind have purpose, others have wishes


Luck is what happens when preparation meets opportunity


Sebuah Perahu dibuat untuk berada di tengah lautan dan bukan hanya diam di dermaga

Demikian juga manusia diciptakan untuk mengarungi kehidupan dan bukan berdiam dan menunggu kehidupan ini berakhir.

Didalam mengarunggi kehidupan akan banyak ombak dan mungkin badai yang akan dihadapi, tapi itulah seni dari kehidupan. Teruslah kembangkan layar dan nikmati perjalanan hingga sampai ke tujuan.

Didalam kehidupan jangan takut jatuh dan salah, setiap kesalahan yang pernah kita lakukan adalah bagian dari proses pembentukan kepribadian. Jangan selalu menyesali kesalahan, tapi jangan ulangi kesalahan. Sesalilah jika semua itu tidak berdampak adanya perubahan.

Mendung diciptakan bukan untuk membuat langit gelap, tapi ia hadir untuk memberi kabar gembira akan sejuknya air hukan yang akan turun.

Luka bukan hanya semata untuk membuat kita tersiksa, tapi ia tercipta, agar kita tersadar bahwa kita hanyalah "manusia biasa"

Genggam "keyakinan" jangan pernah dilepaskan.

Indahnya Kehidupan, bukan terletak dari banyaknya kesenangan, tapi terletak pada rasa syukur kita.


Suatu hari seorang ayah menyuruh ke-empat anaknya ke hutan melihat sebuah pohon pir diwaktu yang berbeda
Anak pertama disuruhnya pergi pada musim DINGIN
Anak Kedua pergi pada musim SEMI
Anak Ketiga pergi pada musim PANAS
Anak terakhir pergi pada musim GUGUR

Alhasil mereka berempat melaporkan apa yang mereka lihat sesuai denga persepsi mereka masing-masing.

Anak pertama berkata: Pohon pir tampak sangat jelek dan batangnya bengkok.

Anak Kedua berkata: Pohon Pir itu dipenuhi kuncup hijau yang menjanjikan.

Anak Ketiga berkata: Pohon pir dipenuhi dengan bunga yang menebarkan bau yang harum.

Anak Keempat berkata: Pohon Pir itu penuh dengan buah yang matang dan ranum.

Kemudian sang ayah berkata bahwa kalian semua benar, hanya saja kalian melihat diwaktu yang berbeda, sehingga ingatlah "Mulai sekarang jangan pernah menilai kehidupan hanya berdasarkan sesaat saja."

 Back to top