HASTAG

HASTAG (Himpunan Ahli Struktur Tahan Angin dan Gempa)

Didirikan terhitung sejak tanggal 31 Maret 2010 berdasarkan Akta Nomor: 63, yang dibuat dihadapan Nyonya Yanti Sulaiman Sihotang Sarjana Hukum, Notaris di Medan.

Visi HASTAG

Menjadi organisasi profesi yang mandiri dengan anggota yang profesional dalam bidang Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengawasan struktur tahan angin dan gempa.

Misi HASTAG

  1. Menciptakan dan menumbuhkan kepedulian standarisasi peraturan-peraturan pelaksanaan struktur, khususnya struktur tahan angin dan gempa.
  2. Memajukan norma-norma yang baik dalam melaksanakan tugas pembangunan yang jujur.
  3. Menyediakan forum untuk diskusi secara bebas mengenai segala hal yang berkenaan dengan struktur tahan angin dan gempa untuk kepentingan umum, dimana politik, agama dan kesukuan tidak dipermasalahkan.
  4. Mendorong para ahli struktur, khususnya ahli struktur tahan angin dan gempa untuk bergabung dalam meningkatkan profesionalisme dan norma etika tinggi, dalam menjalankan Profesi Pelayanan Umum dan/atau usaha pembangunan struktur.
  5. Melakukan standarisasi profesi pelaksana dan/atau penanggung-jawab struktur.
  6. Mengembangkan dan meningkatkan taraf ilmu teknik struktur khususnya struktur tahan angin dan gempa serta ilmu-ilmu yang berkaitan dan/atau berhubungan dalam arti yang seluas-luasnya.

Kegiatan HASTAG

  1. Melakukan koordinasi serta mengawasi kegiatan pembangunan, khususnya struktur tahan angin dan gempa
  2. Memberikan penyuluhan dan memperkenalkan standarisasi peraturan dan pelaksanaan struktur, khususnya struktur tahan angin dan gempa, yang benar kepada pelaksana dan atau penanggung jawab struktur
  3. Meningkatkan dan mengadakan hubungan dengan organisasi atau institusi yang berkaitan dan atau berhubungan dengan struktur, khususnya struktur tahan angin dan gempa
  4. Menerbitkan majalah HASTAG Indonesia yang isinya berkaitan dengan masalah angin dan gempa  serta product knowledge


PROFIL HASTAG INDONESIA

HASTAG (Himpunan Ahli Struktur Tahan Angin dan Gempa) Indonesia merupakan suatu himpunan ahli struktur yang mempunyai keahlian dalam menangani dan menganalisis suatu struktur yang mempunyai ketahanan terhadap angin dan gempa. HASTAG Indonesia didirikan pada tanggal 31 Maret 2010 di Medan.

HASTAG Indonesia didirikan untuk menciptakan dan menumbuhkan kepedulian standarisasi peraturan-peraturan pelaksanaan struktur, khususnya struktur tahan angin dan gempa, serta untuk mengembangkan dan meningkatkan taraf ilmu teknik struktur khususnya struktur tahan angin dan gempa serta ilmu-ilmu yang berkaitan.

Selain itu, HASTAG Indonesia juga berperan dalam memberikan perhatian secara aktif terhadap kepentingan umum dan mensosialisasikan standarisasi kerja struktur yang benar kepada pelaksanaan dan atau penanggungjawab struktur. Maka, untuk memenuhi tujuan serta peran tersebut, HASTAG Indonesia melakukan koordinasi serta mengawasi kegiatan pembangunan struktur tahan angin dan gempa, memberikan penyuluhan dan memperkenalkan standarisasi peraturan dan pelaksanaan pembangunan struktur yang benar kepada pelaksana dan atau penanggungjawab struktur, dan menerbitkan majalah HASTAG Indonesia yang isinya berkaitan dengan masalah angin dan gempa, serta meningkatkan dan mengadakan hubungan dengan organisasi atau institusi yang berkaitan dan atau berhubungan dengan struktur, khususnya struktur tahan angin dan gempa.

 Back to top