Keberadaan FKLPI BBPLK Medan Diharapkan Dipercaya Dunia Industri

PENGURUS FKLPI BBPLK Medan yang baru dilantik foto bersama dengan Direktur Pemagangan pada Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI Siti Kustiati, stake holder dan Disnaker Provinsi Sumut di The Hill Hotel Sibolangit, Sabtu (17/10). Waspada/Ist

PENGURUS FKLPI BBPLK Medan yang baru dilantik foto bersama dengan Direktur Pemagangan pada Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI Siti Kustiati, stake holder dan Disnaker Provinsi Sumut di The Hill Hotel Sibolangit, Sabtu (17/10).

MEDAN (Waspada): Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui Direktur Pemagangan Siti Kustiati menyebutkan bahwa kehadiran Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri (FKLPI) diharapkan akan membuat keberadaan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan lebih dikenal dan dipercaya dunia industri, agar terjalin kemitraan yang lebih masif sehingga BBPLK Medan dapat mengeksplorasi dan mengakses semua potensi pengembangan kapasitas SDM dan tenaga kerja serta potensi kemitraan yang belum pernah ada sebelumnya.

“Selain terjalinnya kemitraan, pentingnya komunikasi intensif dengan industri, asosiasi industri, serta tenaga ahli dalam pengembangan program pelatihan yang ada di BBPLK Medan,” tegas Direktur Pemagangan Siti Kustiati saat melantik dan mengukuhkan pengurus Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri (FKLPI) Medan periode 2020-2023 di The Hill Hotel Sibolangit, Sabtu (17/10).

Usai pelantikan pengurus FKLPI dilanjutkan kegiatan rapat kerja diisi pemaparan dari APINDO mengenai Kebutuhan Pasar Kerja Provinsi Sumatera Utara di masa Pandemi Covid-19, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumut dan Direktorat Bina Kelembagaan Pelatihan Kemenaker RI.

Sekretaris APINDO Sumut Laksamana Adhyaksa menyebutkan bahwa potensi kebutuhan tenaga kerja pada industri prioritas pada tahun 2021-2025 yang kesemuanya dapat dilatih di BBPLK Medan.

“BBPLK Medan agar melatih para tenaga kerja pada industri prioritas tahun 2021-2025,” sebut Laksamana Adhyaksa.

Pada sesi terakhir pemaparan, perwakilan Direktorat Bina Kelembagaan Pelatihan Kemnaker RI menyampaikan langkah strategis yang perlu ditempuh dalam rangka optimalisasi fungsi FKLPI, seperti Fasilitasi Rapat Koordinasi dengan Stakeholder, Kunjungan Kerja ke Perusahaan maupun Kawasan Industri.

Keterlibatan dalam Forum dan Seminar, serta Menyusun berbagai Tools untuk Memperkuat Kemitraan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, perwakilan Kamar Dagang dan Industri (KADIN), Kepala Sub Direktorat Kemitraan dan Pendanaan Direktorat Bina Kelembagaan Pelatihan Kemnaker RI, serta perwakilan Direktorat Bina Standarisasi Kompetensi Kemnaker RI.

Susunan pengurus FKLPI Medan yang dilantik terdiri dari Hasustan Kosim, SH, MPd sebagai ketua, Dr Ir Martono sebagai wakil ketua 1, Dewi Juita Purba sebagai wakil ketua 2, Ir Tonggo P Siahaan sebagai wakil ketua 3, Drs Nafril sebagai wakil ketua 4, serta Julianus Ginting sebagai sekretaris.

-https://waspada.id/

0