Sekilas mengenai Lions

Seputar Informasi Lions :
(Lions Information)

T : Secara resmi“The International Association of Lions Clubs didirikan pada tanggal berapa ? Berkantor pusat dimana ?
Dan dimana Konvensi pertama diadakan ?
J : The International Association of Loins Clubs resmi didirikan pada tanggal 8 Oktober 1917. berkantor di Oak Brook,
Illinois USA. Konvensi pertama diadakan di Dallas, Texas USA.

T : Ceritakan secara singkat sejarah Lions Clubs International !
J : Merupakan mimpi Melvin Jones, agen perusahaan asuransi di Chicago. Thn 1935 terbentuk club pertama di Panama, 1948 di Swedia & Prancis, 1952 di Jepang, 1987 LCI menjadi organisassi pengabdian pertama didunia yang menerima wanita sebagai anggota (Konvensi Taiwan), 1990 peluncuran pelayanan “Sight First”dengan anggaran US$ 185 juta, 2002 terbentuk club di daratan Cina.

T : Apa Kepanjangan Lions ?
J : Lions adalah singkatan dari Liberty (Kemerdekaan), Intelligence (kecerdasan), Our Nations Safety (keselamatan bangsa kita). (baca MUKADIMAH AD LC INDONESIA).

T : Apa motto Lions ?
J : We Serve (Kami Mengabdi) (int’nl constitution n by laws, Article 1,Section 3)

T : Apa Makna dari Lambang Lions ?
J : Huruf L adalah singkatan dari Law-Hukum/Liberty-Kebebasan/Labour-Pekerja/Loyalty-Loyalitas/Love-Kasih/Life-Kehidupan/Lions; Lingkaran menggambarkan para Lion dan Lions Club adalah bersatu; Wajah singa yang menghadap kebelakang mengungkapkan setiap Lion bangga terhadap masa lalu, dan wajah singa yang menghadap kedepan mengungkapkan setiap Lion yakin terhadap masa depan dan selalu siap mengabdi; Kata Lions pada bagian atas lambang menggambarkan asosiasi; Kata International menggambarkan asosiasi ini bersifat internasional; Warna Ungu mengungkapkan kesetiaan pada negara, sahabat dan diri sendiri sebagai perwujudan integritas pikiran dan perasaan, keberanian dan kesungguhan dalam usaha mencapai tujuan; warna emas mengungkapkan ketulusan untuk mencapai tujuan, jujur dalam memberikan penilaian, bijak dalam pikiran dan bertindak.

T : Apakah Misi Lions Clubs ?
J : Menciptakan dan memelihara semangat pengertian diantara semua orang dalam memenuhi kebutuhan kemanusiaan dengan memberikan pelayanan secara sukarela melalui keterlibatan masyarakat dan kerjasama internasional.

T : Apakah Visi Lions Club ?
J : Menjadikan dunia tempat hidup yang lebih nyaman dan baik untuk hari esok, dengan menjunjung tinggi kemerdekaan berpendapat (demokrasi), menghargai intelektualitas serta kesempatan memperoleh pendidikan bagi sesama demi keamannan negara.

T : Siapakah Bapak Lions Club dengan Gelar The Founder dan Sekretaris Jenderal Seumur hidup ?
J : Dia adalah MELVIN JONES.

T : Siapakah Presiden Lions Club International yang pertama ?
J : Dr. William P. Woods.

T : Apakah yang tidak dipermasalahkan oleh Lions Club ?
J : Politik, Agama, kesukuan dan kebangsaan tidak dipermasalahkan. (baca AD LCIndonesia BAB II, Psl.5()e).

T : Kapan Hari Bakti Lions Sedunia (Lions World Service Day) diadakan ?
J : Diadakan pada tanggal 08 Oktober setiap tahun, bertepatan dengan hari lahirnya Lions Club.

T : Kapan Tujuan Lions Club dan Kode Etik Lions dirumuskan ?
J : Dirumuskan pada tahun 1917.

T : Lions,siapakah mereka ?
J : Lions Adalah sebutan bagi anggota (pria dan wanita) dari Organisasi Lions Club.Bila lebih dari 1 orang disebut:para Lion (Indonesia), Lions (bhs.Inggeris),Lions adalah para sukarelawan dalam persahabatan, mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan menyediakan waktu luang untuk membantu sesama yang membutuhkan uluran tangan serta membuat lingkungan sesama lebih sejahtera.

T : Lions Club, apakah itu ?
J : Lions Club Adalah wadah bagi para LION untuk menjalin dan mengembangkan persahabatan, mengembangkan potensi kepemimpinan, dan membuat lingkungan hidup sesama lebih sejahtera.

T : Apa persyaratan menjadi anggota Lions Club ?
J : Orang perorangan; Cakap melakukan perbuatan hukum; Mempunyai akhlak dan watak yang baik, dan; Mempunyai martabat dan nama baik dalam masyarakat dan berdasarkan undangan dari salah seorang Lions Club. (ART LCIndonesia BabII,Psl.2 dan 3).

T : Apa isi Tujuan Lions Clubs Indonesia?
J : Isi Tujuan Lions Clubs Indonesia adalah :
Menciptakan dan menumbuhkan semangat saling pengertian diantara bangsa-bangsa sedunia.
Memajukan norma-norma yang baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Menaruh perhatian secara aktif terhadap kepentingan umum dan kesejahteraan masyarakat dalam bidang seni budaya, sosial dan tata susila.
Mempersatukan semua anggota Club dalam ikatan persahabatan, kerjasama dan saling pengertian.
Menyediakan forum untuk berdiskusi secara bebas mengenai segala hal yang berkenaan dengan kepentingan umum, asalkan politik, agama dan kesukuan / kebangsaan tidak dipermasalahkan.
Mendorong orang-orang yang berjiwa pengabdian untuk berbakti kepada masyarakat tanpa mengharapkan ganjaran keuangan bagi dirinya dan mendorong ditingkatkannya daya guna dan norma etika yang tinggi didalam perdagangan, industri, profesi, pemerintahan dan usaha swasta.

T : Apa isi Kode Etik Lions ?
J : Isi Kode Etik Lions adalah :
Kami akan menunjukkan keyakinan pada kemuliaan pekerjaan kami dengan bekerja secara tekun, sehingga kami dapat memperoleh nama baik karena mutu karya kami.
Kami akan berusaha mencapai keberhasilan dan mengharapkan penghasilan atau keuntungan yang wajar sebagai hak kami, tetapi tidak mau menerima untung atau keberhasilan dengna mengorbankan harga diri, karena menyalahgunakan kesempatan atau karena tindakan kami yang kejujurannya diragukan.
Kami akan selalu ingat, bahwa untuk membina usaha sendiri tidak usah meruntuhkan usaha orang lain; setia kepada kawan dan jujur pada diri sendiri.
Bila timbul keraguan tentang kebenaran atau kelayakan dari kedudukan atau tindakan kami terhadap sesama, kami akan mengatasi keraguan itu tanpa mementingkan diri sendiri.
Kami berpendirian, bahwa persahabatan adalah tujuan dan bukan sarana; bahwa persahabatan sejati tidak terjadi hanya karena saling memberi. Persahabatan sejati tidak meminta apapun, tetapi menerima suatu budi baik sesuai dengan semangat ketika diberikan.
Kami akan selalu ingat kewaiiban kami sebagai warga negara terhadap bangsa, negara dan masyarakat kami, dan memberikan kepadanya kesetiaan kami yang tak tergoyahkan dalam ucapan, tindakan dan perbuatan. Untuk itu, kami akan memberikan waktu, tenaga dan sumber daya kami seluas-luasnya.
Kami akan membantu sesama dengan ikut berprihatin kepada yang menderita, dengan mengulurkan tangan kepada yang lemah dan yang tidak mampu.
Kami akan berhati-hati dalam memberikan kritik, dan bermurah hati dengan pujian; kami ingin membangun dan tidak menghancurkan. (AD & ART LC Indnesia Lampiran C).

T : Apa yang harus dilakukan untuk mencapai Tujuan Lions Club ?
J : Untuk mencapai tujuan Lions club:
1. Melakukan berbagai kegiatan pengabdian dengan mengutamakan kebutuhan masyarakat di tempat kedudukan Lions Club yang bersangkutan;
2. Ikut serta dalam kegiatan Lions Club International, Lions Club Indonesia dan Distrik;
3. Menggiatkan dan mengadakan hubungan dengan organisasi atau institusi Lions di negara lain;
4. Memperluas keanggotaan;
5. Selalu berupaya membentuk Lions Club dan membimbingnya. (AD LCIndonesia Bagian Ketiga,Psl.8(1)).

T : Apakah Hak suara dalam Rapat Dewan Gubernur, Rapat Badan Pengurus, Rapat, Rapat Kabinet di Multi Distrik, Distrik dan Club dapat diwakilkan ?
J : Hak suara dalam Rapat Dewan Gubernur, Rapat Badan Pengurus dan Rapat Komite tidak dapat di wakilkan.(AD LC Indonesia Bagian Kedua,Psl.23(3),Bagian Ketiga,Psl.24(4),Bagian Keempat,Psl.25(4)).

T : Bagaimana apabila korum (jumlah utusan dengan hak suara yang terdaftar)tidak tercapai di club ?
J : Dalam hal ketentuan korum ………rapat dapat dilangsungkan tanpa mengambil keputusan.(AD LC Idonesia Bagian Pertama,Psl.29 ayat 2).

T : Siapakah yang bertanggung jawab apabila pada akhir jabatan keuangan club defisit ?
J : Presiden bertanggung-jawab.(AD LC Indonesia Bagian Keempat,Psl.43 ayat 6).

T : Multi Distrik 307 terbagi dalam berapa Distrik ?,dan sebutkan Propinsi/daerahnya.
J : Multi Distrik 307 terbagi dalah 2(dua) Distrik: 1. Distrik 307 A, meliputi Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam;PropSumut,Sumbar,Bengkulu,Riau, Jambi, Sumsel, Bangka Belitung, Lampung, sebagian daerah Prop daerah khusus Ibukota Jakarta utara, Barat, Pusat dan Kab.Administrasi Kepulauan Seribu; 2. Distrik 307 B, meliputi sebagian daerah Prop daerah khusu ibukota Jakarta Kota Jakarta Timur dan Selatan, Prop.Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Bali, KalBar,KalTeng, Kaltim, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi tengah,selatan, tenggara, Maluku utara, Maluku dan Papua.

T : Berapa Jumlah minimum anggota satu Distrik dan bagaimana pembagian Wilayah, Daerahnya, jelaskan !
J :Sebuah Distrik pada awal pembentukannya harus terdiri dari paling sedikit 35 (tiga puluh lima) Lions Club yang berstatus baik dan 1250 (seribu dua ratus lima puluh) anggota yang berstatus baik; Distrik terbagi dalam beberapa wilayah dan Daerah; Setiap Wilayah terdiri paling sedikit 2(dua) Daerah dan setiap Daerah terdiri dari paling sedikit 4(empat) Lions Club dan paling banyak 8(delapan) Lions Club. (ADLC Indonesia Bagian Kedua,Psl.10(1)(2)(3)).

T : Bagaimana jika ada perubahan di Anggaran Dasar terhadap Nama Club yang sudah dibentuk ?
J : Nama dari club yang sudah dibentuk sebelum Anggaran Dasar ini berlaku yang tidak memenuhi ketentuan …..,tetap berlaku dan tidak wajib melakukan penyesuaian. (ADLC Indonesia Bagian Ketiga,Psl.11 (3)).

T : Berapa Jumlah minimal anggota yang diharuskan disebuah Club dan jumlah anggota yang berstatus baik ?
J : Setiap Lions Club pada awal pembentukannya harus terdiri dari paling sedikit 20(dua puluh) anggota yang telah memenuhi syarat dan Setiap Lions Club harus mempunyai paling sedikit 10(sepuluh) anggota yang berstatus baik.(AD LC Indonesia Bagian Ketiga,Psl.11 (4)(5)).

T : Status Keanggotaan apa yang boleh merangkap menjadi anggota dari 2(dua) Lions Club ?
J : Anggota Kehormatan dan Associate. (ART LC Indonesia Bagian Kedua, Psl.5).

T : Apa ciri-ciri club yang kuat ?
J : Terorganisasi dengan baik
Anggota-anggota yang antusias dan bangga akan clubnya
Pertumbuhan anggota
Melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang dibutuhkan komunitasnya/daerahnya
Sukses dalam Fund Raising
Mempunyai Public Relation yang kuat
Membayar iuran tepat waktu dan jarang punya tunggakan

T : Apakah tujuan utama Lions Club ?
J : Melayani masyarakat, terutama masyarakat disekitar club itu berada.

T : Apa yang diharapkan dari para anggota Lions Club ?
J : Kesediaan untuk membagi waktu, tenaga dan pikiran untuk menyukseskan tujuan Lions club; Kesediaan untuk menghadiri rapat/pertemuan club, distrik; Kesediaan untuk membayar iuran; Kesediaan untuk menerima tugas dari club dan membantu para pengurus club, pro-aktif dalam kegiatan Lions; Kesediaan untuk berperan serta dalam kegiatan pengabdian dan kumpul dana di club.

T : Apakah manfaat menjadi seorang Lion ?
J : Memperoleh kepuasan karena dapat membantu sesama yang memerlukan bantuan; Menjadi warga terpandang didalam suatu masyarakat/komunitas tertentu; Mengembangkan ketrampilan berorganisasi dan berkomunikasi; Memiliki sahabat-sahabat baru didalam dan luar negeri; Membangun jaringan kerja dan lain-lain.

T : Berapa Jumlah Club, jumlah negara dan Anggotanya di Lions Clubs International ?
J : Diambil dari data website tgl. 13/01’2010, terdata 45,000 club di 750 Distrik, 205 negara dengan jumlah anggota 1,3 juta orang.

T : Sebutkan berapa jenis keuangan club ?
J : Ada 2 (dua) jenis keuangan/kas club :
1. Kas Administrasi (sumber dana dari para anggota dan dapat dipergunakan sesuai kebutuhan club/anggota);
2. Kas Aktivitas/Sosial (sumber dana dari hasil kegiatan, dikembalikan ke masyarakat melalui kegiatan
pelayanan yang telah direncanakan oleh club ).(baca AD & ART LC Indonesia Bagian keempat,Psl 43)

T : Sebutkan berapa jenis Fee/Biaya dan besar Feenya ?
J : Ada 4 jenis Fee/biaya; Re instate Fee US$ 12; Charter Fee US$ 30; Entrance Fee US$ 25; Transfer Fee US$ 20.

T : Sebutkan berapa jenis iuran yang ada dan besar iurannya ?
J : Ada 4 jenis iuran, yaitu: 1.International (US$ 39/tahun); 2. Multi Distrik (Rp.48.000/thn); 3.Distrik (Rp.192,000/thn); 4.Club (1+2+3+kebutuhan club), dibayar persemester/per 6 bulan, kecuali iuran club diatur sesuai kebijakan club.

Kas Administrasi
Penerimaan :
Iuran anggota : ___ anggota x Rp. 75.000 x 12 bln = ……………………………………………………………………. Rp. __________

PENGELUARAN :
Iuran MD dan D-307 A ___anggota x Rp. 20.000 x 12 bln =………………………………….Rp. _________
Iuran LC International ___anggota x USD. 39,00 x Rp. 9.500 =…………..……………… Rp. _________
Buku Panduan ___ anggota x Rp. 50.000 =…….………………………………………..Rp. _________
Honor courier : Rp. 200.000 x 12bln (jika ada) = …………………………………….. Rp. _________
Biaya postage/fotocopy, dll : Rp. 150.000 x 12 bln = ….…………………………………………. Rp. _________
Biaya Delegasi Konvensi : DELEGATE x Rp. 1.000.000= ….………………………………………… Rp. _________
Biaya konsumsi di RM ___ anggota x Rp. 25.000 x 12 bln = ………………………………. Rp. _________
Biaya konsumsi di BOD Rp. 150.000 x 12 bln = …………………………………………………. Rp. _________
Biaya keperluan Bendahara …………………………………………………………………………………….. Rp. 300.000.
Biaya keperluan sekretaris ………………………………………………………………………………………. Rp. 1.200.000.
Biaya lain tidak terduga …………………….. ………………………………………………………………….. Rp. 1.000.000. (Rp._________ )
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kekurangan Dana …………………………………………………… (Rp. _________)
Sisa saldo akhir Juni 20__ …………………………….………………Rp. __________
Piutang Iuran ……………………………………………………………….Rp. __________ Rp. __________
__________________________________________________________________________________________________________________
Kelebihan/kekurangan dana …………………………………… Rp. __________
==========================================================
Kesimpulan sementara: IURAN ANGGOTA / JLH ANGGOTA / 12 bln = Rp. / anggota/bln.

Kas Activity/Kegiatan Sosial

Penerimaan :
Saldo Awal tgl._______
Net Income dari proyek pengumpulan dana …………………………………………………………..Rp. _________
Jasa Bank …………………………………………………………………………………………………………………Rp. _________

PENGELUARAN :
Sumbangan untuk kegiatan Hari Anak Nasional……………….……………………………..………………………………….Rp. _________
Sumbangan H.U.T RI …………………………………………………………………………………………………………………………….Rp. _________
Biaya penyelengaraan World Lions Service Day ……………………………………………………………………………………Rp. _________
Sumbangan untuk perayaan Hari Lions Indonesia ………………………………………………………………………………..Rp. —————-
Sumbangan untuk kegiatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ………………………………………………………..Rp. _________
Sumbangan untuk Perayaan Deepavali, Hari Raya dan Tahun Baru, Natal, Imlek,..dll ……………………………Rp. _________
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
T O T A L …………………………… Rp. __________ Rp. _________
Saldo akhir tgl._______ Rp. _________
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Rp ___________ Rp _________
==========================================================

T : Ada berapa jenis kategori keanggotaan di Lions Club ?
J : Ada 7 jenis kategori keanggotaan: 1. Anggota Biasa (Active Member); 2. Anggota Luar Biasa (Member At Large); 3. Anggota Kehormatan (Honorary Member); 4. Anggota Istimewa (Privileged Member); 5. Anggota Seumur Hidup (Life Member); 6. Anggota Asosiasi (Associate Member); 7. Anggota Pendukug (Affiliate Member).(ART LC Indonesia Bab II,Bagian Pertama,Psl 4 ayat 1).

T : Kapan Lions club pertama di Indonesia dibentuk dan siapa sponsornya ?
J : Pada tgl.18 Nopember 1969 Lions Club Jakarta Host memperoleh charter approval (ditetapkan sebagai Hari Lions Indonesia), disponsori oleh Lions Club of Sydney Central, Australia.

T : Kapan dan dimana Lions Club Indonesia Multi Distrik 307 dibentuk ?
J : Pada tgl.12 Juli 1995, merupakan kelanjutan pendirian tgl.28 Juni 1975, di Jakarta. (baca AD & ART LC Indonesia Bab I, Psl 3).

T : Kapan Lions Club pertama di Medan dibentuk dan siapa sponsornya ?
J : Pada tanggal.9 Mei 1972 Lions Club Medan Host memperoleh approval (ditetapkan sebagai Hari Lions Medan), disponsori oleh Lions Club Djakarta Metropolitan.

T : Apakah itu Monthly Membership Report (MMR) ?
J : MMR adalah laporan bulanan keanggotan club melalui internet/manual, dilaporkan ke Lionsclub International dengan tembusan ke Distrik setiap bulan pada tgl.01.

T : Apakah itu Konvensi Tahunan Distrik ?
J : Konvensi Tahunan Distrik merupakan badan kekuasaan tertinggi forum untuk membahas mosi, resolusi, proyek distrik, pemilihan Gubernur Distrik, mengubah dan /atau menyempurnakan AD/ART,tempat pertemuan para Lions didalam suatu distrik.

T : Apakah itu Multi Distrik ?
J : Bilamana jumlah anggota sebuah Distrik telah berkembang sedemikian rupa, Distrik tersebut dapat dikembangkan menjadi beberapa sub-distrik, setiap sub distrik akan disebut berdasarkan huruf/angka yang ditambahkan pada nomor Distrik yang sudah tercatat di kantor pusat LCI, Mullti Distrik dikelola oleh Dewan Gubernur, yang dipimpin oleh seorang Council Chairperson/Ketua Dewan Gubernur yang berkerja berdasarkan AD/ART LC Indonesia dan Lions Clubs International.

T : Apa yang dimaksud dengan Distrik ?
J : Distrik adalah bagian dari Multi Distrik yang terdiri dari paling sedikit 35(tiga puluh lima) Club dan 1250 (seribu dua ratus lima puluh) anggota. (baca ART LC Indonesia Bab I, Psl 1 angka 3).

T : Ada berapa Jenis Pertemuan/Rapat di Distrik ?
J : 1. Rapat Kabinet (bersifat triwulan, hasil rapat dilaporkan ke Internasional); 2.Rapat Kabinet khusus (karena ada hal-hal khusus); 3. Rapat Wilayah /Daerah (Rapat Komite Pensehat DG) (bersifat triwulan, hasil rapat dilaporkan ke Gubernur Distrik); 4. Rapat Komite (membahas program kerja, hasil rapat dilaporkan ke Gubernur Distrik); 5. Rapat Panitia (membahas projek/kegiatan distrik, hasil rapat dilaporkan ke Distrik Gubernur dan tembusan ke komite terkait). (baca ART LC Indonesia Bagian Kedua, Psl 16).

T : Ada berapa Jenis Pertemuan/Rapat di Club ?
J : 1.Rapat Badan Pengurus/Board Of Director Meeting (dilakukan 1 kali sebulan, membahas dan/atau memutuskan masalah-masalah); 2.Rapat Tahunan Club dilakukan bersamaan dengan Rapat Berkala pada bln Juni; 3. Rapat Berkala Anggota/ Regular Meeting (diadakan 1 kali sebulan dan lebih bersifat fellowship); 4. Rapat Komite (harus dibicarakan kembali di Rapat Badan Pengurus); 5. Rapat Panitia (dibentuk apabila ada projek/kegiatan club, dan hasilnya harus dilaporkan dalam Rapat Badan Pengurus); 5. Rapat jenis lainnya sesuai kebutuhan club.(baca ART LC Indonesia Bagian Keempat, Psl 18).

T : Apakah yang dimaksud dengan kalender kerja Distrik/Club ?
J : Kalender kerja Distrik/Club adalah Program kerja yang disusun secara terperinci untuk masa bakti satu periode/setahun (baca buku Panduan Distrik).

T : Sebutkan berapa kegiatan Utama Lions Club dan jelaskan ?
J : Ada 7 (tujuh) Kegiatan Utama Lions club, yaitu :
1.Community Services (Pelayanan Kesehatan & Kegiatan Masyarakat Lainnya)
Pemberantasan Buta Huruf
Pencegahan Kriminalitas
Membiayai Operasi Bibir Sumbing
Menyelenggarakan Aksi Donor Darah
Penyuluhan Aids
dan lain-lain

2. Diabetes Awareness (Penyuluhan & Pencegahan Diabetes)
Penyelenggaraan Diabetes Screening
Pembangunan Klinik Diabetes
Pengobatan
dan lain-lain

3. Environmental Services (Pelestarian Lingkungan Hidup)
Program daur ulang
Penghijauan
Sampah
Biopori
Dan lain-lain

4. Hearing and Speech Action and Work with the Deaf (Pelayanan Pendengaran)
Pemberian alat dengar;
Pencegahan kerusakan alat pendengaran;
Dan lain-lain

5. International Relations (Hubungan & Kerjasama Internasional)
International twinning;
International Youth Camps;
International Youth Exchange

6. Lions Opportunities For Youth (Pelayanan Kepada Para Remaja)
Lomba Poster Perdamaian;
Mensponsori Program Leo Club;
Mensponsori Program Pertukaran Remaja;
Pembinaan dan Pengembangan Remaja;
Pemberian Bea Siswa;
Dan lain-lain

7. Sight Conservation and Work with the Blind (SightFirst)
Penyuluhan mengenai kesehatan mata;
Melakukan pemeriksaan mata;
Membiayai operasi katarak Cuma-Cuma bagi warga masyarakat tidak mampu;
Membiayai pembelian kaca mata bagi para anak yatim piatu;
Bank Mata;
Pengumpulan kacamata bekas;
Lions World Sight Day;

T : Sebutkan 6 (enam) ciri-ciri club yang sukses ?
J : 1. Berhasil menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat sesuai kebutuhan masyarakat setempat dan
keinginan para anggotanya.
2. Berhasil menyelenggarakan kegiatan kumpul dana yang melibatkan masyarakat setempat dan sebahagian
besar anggotannya.
3. Berhasil melakukan kegiatan hubungan masyarakat.
4. Rapat/Pertemuan club secara teratur dan mencapai quorum.
5. Anggotanya kompak dan memiliki semangat kebersamaan yang tinggi.
6. Memiliki rencana pembinaan dan pengembangan keanggotaan.

T : Apakah yang dimaksud LCIF, YLI, YLM ?
J : LCIF (Lions Clubs International Foundation), adalah organisasi nirlaba, didirikan tahun 1968, bertujuan : Memberikan pelayanan kemanusiaan/Humanitarian Services; Memberikan pelatihan kerja/Vocational Assistance; Memberikan bantuan yang diakibatkan bencana alam/Major Disaster Relief.
LCIF memberikan bantuan dalam bentuk : Standard Grant; Emergency Grant; Sight First Grant.
LCIF memberikan penghargaan bagi penyumbang dalam bentuk : Contibuting Membership; LCIF Honor Roll; Melvin Jones Fellowship.

YLI (Yayasan Lions Indonesia), didirikan pada tgl. 9 Maret 1980, bertujuan : Mengumpulkan dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali ke masyarakat untuk kepentingan sosial; Melalui Program Pengumpulan Dana Mitra Bintoro (Mitra Bintoro PRATAMA Rp.1.000.000; MUDA Rp.2,500,000; MADYA Rp. 5,000,000; UTAMA Rp. 10,000,000; PANGLIMA Rp.25,000,000; CROWN Rp. 50,000,000), dengan penghargaannya. Dana yang dikumpul dipergunakan untuk : Bencana Alam; Projek Sight First; Pelestarian Lingkungan Hidup; Bantuan Kemiskinan; Bantuan khusus ke Distrik/MD 307; Bantuan ke PPMLI (Pusat Pelayanan Masyarakat Lions Indonesia).

YLM (Yayasan Lions Medan-Founder RS Lions Medan), didirikan tgl. 2 Desember 1991, mengumpul dana melalui kegiatan LJFS/Lions Journey For Solidarity dan dana terkumpul disalurkan melalui : Proyek Sight First/operasi mata katarak,klinik umum PPMLI-Medan, Rumah Sakit Lions Medan.

T : Apa pengertian Roll Call ?
J : Roll Call, sudah merupakan suatu kelaziman bahwa dalam setiap acara yang diadakan dalam kegiatan Lions Club dimanapun juga untuk memperkenalkan para hadirin biasanya menyebutnya dengan istilah Roll Call. Roll Call juga diartikan sebagai perhitungan Quorum dalam rapat.

T : Bagaimana Roll Call di Tingkat Distrik ?
J : Sebaiknya pembacaan roll call dilakukan oleh sekretaris Kabinet atau pengurus lainnya yang ditunjuk oleh Gubernur Distrik.
Susunan :
1.Gubernur Distrik; 2. Pejabat Pemerintah; 3. Pengurus Lions Clubs International; 4. Wakil Gubernur
Distrik; 5. Gubernur yang baru lalu; 6. Gubernur yang lalu; 7. Sekretaris Kabinet; 8. Bendahara Kabinet; 9. Ketua Wilayah; 10. Ketua Daerah; 11. Ketua Komite; 12. Pengurus Distrik dan Pengurus Club yang diundang.

T : Bagaimana Roll Call di Tingkat Club ?
J : Seyogianya dibacakan oleh Sekretaris club atau pengurus club yang ditunjuk oleh Presiden club.
Susunan :
1.Presiden Club; 2. Pejabat Pemerintah/Tamu yang diundang; 3. Gubernur Distrik/Pengurus Distrik; 4.Presiden yang baru lalu; 5. Para Wakil Presiden; 6. Sekretaris; 7. Bendahara; 8. Para Direktur; 9. Lion Tamer; 10. Tail Twister; 11. Para Presiden yang baru lalu.

T : Bagaimana Roll Call di Acara ?
J : Apabila terbentuk Panitia, maka yang membaca hendaknya sekretaris Panitia atau pengurus club yang ditunjuk oleh Ketua Panitia atas pertimbangan yang bersangkutan banyak mengenal hadirin.
Susunan :
1.Ketua Panitia, karena ia adalah orang paling penting dalam acara ini; 2. Gubernur Distrik; 3. Pejabat Pemerintah; 4. Para Pengurus Distrik sesuai urutan jabatannya; 5. Para Presiden Club (Diikuti ucapan : Beserta seluruh anggota Lions Club …), sesuai daftar hadir; 6. Bila hadir Pejabat Pemerintah atau Undangan Non Lion, maka hendaknya dihindarkan adanya perkenalan yang bertele-tele; 7. Pemantauan kembali, apabila masih ada yang belum di perkenalkan.

T : Apakah seorang anggota yang berhenti dapat kembali tanpa membayar entrance fee ?
J : Anggota yang telah berhenti dalam status baik dapat diangkat kembali menjadi anggota club tersebut dalam jangka waktu paling lambat 6 (enam) bulann terhitung sejak tanggal pemberhentian. (ART LC Indonesia Bagian Ketiga,Psl.6 ayat 2).

T : Bagaimana Formasi Tempat Duduk di Club, petakan dalam gambar ?

T : Apa Sasaran dan bagaimana cara Pengaturan untuk memperbaiki Pertemuan Club ?
J : Sasaran yang harus diperhatikan :1. Mengidentifikasi elemen-elemen penting dari pertemuan yang produktif;2. Mengidentifikasi bagaimana hambatan pertemuan yang biasa;3. Meninjau kembali perangkat kerja dan teknik-teknik untuk pertemuan efektif.
Cara:1. Untuk setiap sub-topik ada garis besar yang menjelaskan sub-topik tersebut secara agak rinci;2. Satu atau lebih saran atau tip untuk memperkenalkan sub-topik pada club (bilamana relevan);3. Nara sumber yang melengkapi dokumen-dokumen yang ada dan mendukung bahan yang disampaikan.

T : Apa pengertian dari Sub-topik ?
J : Sub topik:1. Jenis-jenis Pertemuan;2. Panduan untuk Pengelolaan Pertemuan;3. Aturan Dasar Pengelolaan Pertemuan;4. Teknik-teknik Pemanfaatan Waktu;5. Memahami Tingkat Motivasi Peserta;6. Saran-waran untuk Memperbaiki Suasana Pertemuan.

T : Bagaimana membuat meeting sukses ?
J : Meeting akan sukses apabila:1.Jelas Tujuan dan Agendanya;2.Merencanakan dan mempersiapkan informasi yang akan disampaikan;3. Bagaimana caranya membuat para anggota lebih terlibat;4.Jelas siapa yang bertanggung jawab;5. Bagaimana meeting dapat berakhir secara tepat waktu.

T : Bagaimana mengembangkan TEAM ?
J : Pengembangan Team adalah suatu proses yang dilalui 4(empat) tahap:
Tahap 1 – Forming (Membentuk),diharapkan kriteria anggota;Berpengalaman dan ahli terhadap posisi yang dipertanggungjawabkan; tertarik untuk bergabung sebagai salah satu anggota team; Loyalitas dan komit terhadap organisasi; Dapat berkomunikasi dengan baik; Mempunyai relasi dan wawasan yang luas.
Tahap 2 – Storming (Penyesuaian), Anggota-anggota team akan mengalami beda pendapat karena beda back ground, konflik/beda pendapat dapat diselesaikan dengan saling mendengar, pengertian dan fokus pada tujuan tim sehingga akan tercipta “orientasi tim”
Tahap 3 – Norming (Penetralan), sebagai group yang berorientasi tim maka konflik akan berkurang.
Tahap 4 – Performing (Terbentuk),suatu group telah berkembang menjadi suatu tim, yang mempunyai tingkah laku dan cara berpikir tim.

T : Bagaimana Pedoman membentuk Club baru ?
J : Garis besar acara pertemuan pembentukan club baru :
Pejabat / Panitia pembentukan club baru memastikan :
Club baru ini akan mempergunakan AD & ART Lions Club yang baku, Lions Clubs Indonesia dan Lions Clubs International sebagai acuan kerjanya.
Charter Fee & Membership Dues sudah terkumpul dan siap dikirimkan ke LCI.
Formulir aplikasi club baru sudah diisi dengan benar.
Badan Pengurus Club sudah tersusun dengan baik.
Tempat & waktu pertemuan club sudah ditetapkan.
Rencana persiapan pelantikan dan acara sudah dipersiapkan.

PERTEMUAN PENGORGANISASIAN PEMBENTUKAN CLUB BARU
Diselenggarakan oleh calon Sponsoring Club.
Formation Officer memimpin rapat pembentukan Club baru.
Persetujuan Gubernur Distrik untuk “Application for Lions Club Charter” dan dokumen lainnya.
Gubernur Distrik mengangkat 2 (dua) Certified Guiding Lion.

PERTEMUAN INFORMATIF
Diselenggarakan atas prakarssa 1 (satu) atau lebih Lions Club, Komite Perluasan Distrik, Kabinet Distrik dan lain-lain..
Mengundang para calon Lion.
Penyelengara / Tim Orientasi Distrik memberikan informasi Lions.
Information meeting diselengarakan hingga para calon anggota club baru siap untuk mengisi “Charter Member Application” dan membayar Charter Fee.
2 (dua) Organizer mempersiapkan Club baru ini.

T : Jelaskan mengenai Charter Night !
J : 1.Diselenggarakan paling lambat 90 (sembilan puluh) hari setelah Charter Approval Date (tanggal aplikasi charter club baru disetujui LCI, tanggal ini dijadikan patokan tanggal kelahiran club)
2.Pada acara ini, Charter Certificate Club akan diserahkan Gubernur Distrik atau yang diwakilkan bila berhalangan kepada Presiden Lions Club baru.
3.Pembentukan Panitia Penerima Charter,
4.Panitia Charter menyusun daftar undangan, merinci acara resmi & hiburan, menerapkan Protokol Lions.

T : Bagaimana Garis Besar Acara Charter Night ?
J : Garis Besar Acara Charter Night:
Santap malam / siang , ramah tamah & hiburan
Pembukaan
Laporan Ketua Panitia Charter Night
Lagu Indonesia Raya (dinyanyikan atau diperdengarkan)
Doa Pembukaan
Pembacaan Tujuan dan Kode Etik Lions
Perkenalan (Roll Call)
Pelantikan Anggota dan Pengukuhan Badan Pengurus Club
Penyerahan Charter Certificate & Peresmian Club Banner
Pidato Penerimaan dari Charter Presiden Club.
Sambutan Presiden Club Sponsor
Pengarahan dari Gubernur Distrik
Pemberian / Pertukaran kenang-kenagan
Sambutan Pejabat Pemerintah setempat
Pembicara Tamu / Distrik (Sangat dianjurkan jika alokasi waktu memungkinkan)
Penutupan (oleh Presiden Club Baru)
Ramah Tamah dan Acara hiburan dilanjutkan jika dikehendaki.

T : Bagaimana Formasi peraturan tempat duduk di meja utama (head table) ?
J : Lihat gambar:

T : Apa itu pengertian Batasan Club ?
J : Batasan Club adalah;
Batas wilayah sebuah club adalah sesuai dengan batas wilayah pemerintahan setempat di tempat club itu berlokasi.
Sebuah Lions Club tidak boleh diberi nama seseorang yang masih hidup, kecuali yang bersangkutan pernah menjadi Presiden Lions Clubs International.
Tidak sebuah clubpun diperkenankan menambah kata “International” sebagai pembeda nama club.

T : Bagaimana pemberian Nama Club Baru ?
J : Setiap Lions Club hendaknya dapat dikenal dengan nama kota atau daerah pemerintahan yang sederajat dimana club itu bertempat, kecuali bagi club yang pertama ditempat itu. (lihat AD Lions Clubs Indonesia, Bab IV Psl.11)

T : Apa persyaratan membentuk Club Baru ?
J : Persyaratan Pembentukan Sebuah Lions Club Baru :
20 atau lebih Charter member
Disponsori sebuah Lions Club berstatus baik/kabinet distrik/komite distrik
Persetujuan Gubernur Distrik
Permohonan Charter
Charter Fee: US$ 30.00 (Charter Member); US$ 20,00 (Transfer Charter Member)

T : Bagaimana bentuk-bentuk Lions Club ?
J : Bentuk Lions Club terdiri dari :
Lions Club (min 20 anggota ; pembina oleh Guiding Lion/CGL)
Branch Club (min 5 anggota ; pembina oleh Branch Liaison)
Campus Club (minimal 20 anggota)
New Century Club (minimal 20 anggota ; anggota dibawah 35 thn, selama 7 thn sejak charter night)
Leo Club (minimal 20 anggota ; usia 12 – 28 tahun, dikembangkan LCI sejak 1957)

T : Bagaimana cara penulisan Distrik 307 A2 yang benar ?
J : Penulisan harus lengkap, tidak boleh “D 307 A2” harus “Distrik 307 A2”

T : Sebutkan Susunan Badan Pengurus Sebuah Lions Club ?
J : Presiden; Presiden yang baru lalu; Wakil Presiden I,II,III; Sekretaris; Bendahara; Direktur Keanggotaan; Lion Tamer (optional); Tail Twister (optional); Para Direktur (min 4 orang).

T : Apakah pengertian dari “make up kehadiran”?
J : Bila seorang anggota berhalangan hadir dirapat club, maka dalam 13 hari/setelah rapat anggota tersebut diadakan, ia dapat melakukan “make up kehadiran” dengan menghadiri rapat Dewan Pengurus/rapat Komite Home Club, kegiatan pengabdian, rapat anggota Lions club lain di dalam dan luar negeri.

T : Apa perbedaan Certified Guiding Lion (CGL) dan Guiding Lion (GL), Jelaskan !
J : CGL memiliki sertifikat dan bertugas 2 (dua) tahun untuk meng-guiding satu club baru,melakukan laporan triwulan, perkembangan keanggotaan, hutang club ke LCI sedangkan GL tidak bersertifikat dan bertugas 1(satu) tahun meng-guide club baru tersebut.

T : Apa ciri-ciri CGL yang sukses ?
J : Motivator; Trainer; Komunikator; Pemerhati/observer; Penentu Goal/target; Team builder; Administrator; Penasehat; Penghubung; Lion yang antusias; Presenter yang ahli; Pendengar.

T : Bagaimana standar BANNER CLUB ?
J : Standar Banner Club:
Ukuran standar: 3’x 5’
Warna dasar : Ungu
Warna huruf : Kuning emas
Desain : Nama Club & Logo / Lambang Lions

T : Apakah yang dimaksud Attendance Award ?
J : Anggota yang hadir pada rapat berturut –turut dan tidak pernah absen (kehadiran 100%) berhak mendapatkan Attendance Award ini.

T : Apakah yang dimaksud Nominasi dan Pemilihan ?
J : Sesuai dengan konstitusi club setiap Maret diadakan rapat anggota untuk membentuk panitia nominasi, BOD menentukan tempat dan waktu dimana rapat diadakan dan undangan kepada semua anggota sudah terima setidak-tidaknya 10 hari sebelumnya, Presiden mengangkat anggota panitia nominasi yang terdiri dari Lions berpengalaman dan aktif, dalam rapat pemilihan yang diadakan selambat2nya bulan April berikutnya, panitia nominasi menyodorkan nama2 calon anggota BOD untuk dibahas dalam rapat pemilihan itu, kemudian disyahkan.

T : Apa itu PU 101 dan apa konsekwensinya apabila tidak dilakukan ?
J : Setiap tahun formulir PU 101 diedarkan kepada club2, amat penting untuk mengisi formulir ini pada batas waktu 1 Mei setiap tahun, segera sesudah pemilihan pejabat dilakukan, formulir ini diisi untuk dikirim LC International dengan copy ke Distrik, apabila tidak dilakukan, maka pejabat club akan tidak menerima bahan bahan dan informasi yang diterbitkan oleh International.

T : Dimanakah calon –calon anggota Lion dapat dicari ?
J : Keluarga; Tetangga; Rekan sejawat; Tempat Ibadah; Lokasi berkumpul; Teman-teman; Bekas anggota; Ketua masyarakat; Masyarakat sekolah; Masyarakat rumah sakit; Perkantoran; Kampus; Perkumpulan; Wartawan; ……Dll.

T : Kriteria apakah yang anda perhatikan sebagai calon lion yang potensial?
J : Seorang Motivator; Dapat bersosialisasi; Flexible; Menerima Pandangan orang lain; Memiliki Keyakinan diri; Memiliki Perilaku Positif; Menghargai dan Mendukung; Memimpin dengan memberi contoh; Pandai Mengarahkan; Ingin belajar; Komunikator; …Dll.

T : Tanggal-tanggal apa sajakah yang harus diperhatikan ?
J : 11 Oktober 20__; Lions World Sight Day
19 April 20__; Worldwide Induction Day
1 Juni 20__ ; Helen Keller Day
5 Juni 20__ ; World Environment Day.

T : Bagaimana program Kumpul Dana di Lionsclubs ?
J : Kumpul dana dilakukan minimal 1 tahun 1 kali dan melibatkan sebanyak mungkin anggota club; tujuan kumpul dana harus jelas; Bekerja berdasarkan anggaran (pendapatan > pengeluaran); Biaya pemasaran (10-20%); Hasil kumpul sedapat mungkin di “audit”

T : Apa definisi Membership ?
J : Membership adalah : 9 I  Investigate (doubtful prospect is a potensial drop out); Invite (prospective members); Inform (prospect on obligations); Include (partners in discussion); Indoctrinate (with objects and ethics); Introduce (members & partners to all); Involve (in activities); Interest (yourself in progress & welfare); Inspire (to greater height within club & district).

Tugas & Wewenang President Club (ART Pasal 13 Ayat 1)

Menghadiri dan memimpin setiap Pertemuan Berkala Anggota dan Badan Pengurus Club.
Mengawasi pelaksanaan kegiatan Club.
Bertanggungjawab atas pelaksanaan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Club.
Mengusulkan dan minta persetujuan Rapat Anggota Club atas tindakan atau kebijakan yang belum ditetapkan oleh Club.
Berwenang melakukan pemeriksaan atas semua buku rekening, laporan keuangan, dan dana Club.
Berwenang menunjuk Utusan dan Utusan Pengganti yang mewakili Club dalam Konvensi Distrik, Multi Distrik, dan Internasional dengan persetujuan Rapat Anggota.
Bekerjasama dengan Komite Penasihat Gubernur Distrik di daerahnya.

Tugas & Wewenang Mantan Presiden Club Terbaru (ART Pasal 13 Ayat 2)
Menyambut kedatangan dan mendampingi tamu Club pada setiap pertemuan.
Memberi nasehat kepada Presiden dan membantu memecahkan permasalahan Club apabila diminta.

Tugas & Wewenang Wakil Presiden Sesuai dengan tingkatannya
(ART Pasal 13 Ayat 3)
Menghadiri setiap Pertemuan Berkala Club dan Rapat Badan Pengurus.
Mewakili dan melaksanakan fungsi Presiden apabila Presiden berhalangan.
Mengawasi pelaksanaan Komite yang ditentukan oleh Presiden berdasarkan pengarahan Presiden.

Tugas & Wewenang Sekretaris (ART Pasal 13 Ayat 4)

Sebagai penghubung club dengan Distrik, Club dengan Club lain dan Club dengan Badan Pengurus Lions Clubs International.
Membuat dan menyimpan semua risalah rapat club.
Melaporkan status keanggotaan club setiap bulan paling lambat tgl.5(lima) bulan berikutnya kepada sekretaris Distrik dan Lions International sesuai format isian yang telah ditentukan oleh Lions Clubs International.
Melaporkan kegiatan club setiap tahun kepada sekretaris Distrik dan LC International sesuai format isian dan waktu yang telah ditentukan oleh Lions Club International.
Melaporkan kegiatan club kepada sekretaris Distrik, Ketua Daerah dan Ketua Wilayah setiap bulan sesuai dengan waktu dan format isian yang ditentukan oleh Gubernur Distrik.
Menyampaikan copy laporan status keanggotaan club sebagaimana dimaksud dalam huruf d kepada Ketua Daerah dan Ketua Wilayah.
Membuat dan mengedarkan undangan untuk pertemuan berkala anggota dan pengurus club.
Menyebarluaskan undangan dan surat pemberitahuan dari Distrik, Multi Distrik maupun Club lain kepada semua anggota Club.
Menyampaikan susunan Presiden, Sekrertaris dan Bendahara Club untuk masa kerja berikutnya kepada Lions Clubs International dan Distrik sesuai tanggal dan format yang ditentukan oleh Lions Clubs International.
Bekerjasama dengan anggota Komite Penasihat Gubernur Distrik didaerahnya.

Tugas & Wewenang Bendahara (ART Pasal 13 Ayat 5)

Menerima dan mengeluarkan tanda penerimaan uang club yang diterima dan menyimpan uang tersebut pada Bank uang ditentukan oleh Badan Pengurus Club;
Mengeluarkan uang untuk membayar semua kewajiban club yang telah disetujui oleh Badan Pengurus Club;
Menandatangani semua cek dan instrumen lain bersama satu anggota Badan Pengurus lain yang ditunjuk oleh Badan Pengurus CLub.;
Membuat,menyimpan dan memelihara semua catatan penerimaan dan pengeluaran secara tertib;
Menyiapkan dan menyampaikan laporan keuangan bulanan kepada Badan Pengurus Club dan laporan keuangan tengah tahunan kepada Lions Clubs International.

Tugas & Wewenang Bendahara (ART Pasal 13 Ayat 6)

Memberi nasehat kepada Presiden Club baik diminta maupun tidak;

Melaksanakan tugas yang ditugaskan oleh Presiden Club.

Tugas & Wewenang Bendahara (ART Pasal 13 Ayat 7)
Mengetuai Komite Keanggotaan;
Menyusun Program pengembangan keanggotaan khusunya untuk clubnya;
Melaksanakan penambahan anggota sesuai dengan prosedur yang benar;
Menyiapkan dan melaksanakan pertemuan orientasi;
Bertindak sebagai anggota dari Komite Keanggotaan di tingkat Daerah;
Melaksanakan tugas lainnya yang berkaitan dengan usaha pengembangan keanggotaan.

Tugas & Wewenang Bendahara (ART Pasal 13 Ayat 8)

Menyimpan dan bertanggungjawab atas peralatan (inventaris) club yang digunakan untuk keperluan club;
Mengatur dan menempatkan secara benar bendera, gong, palu, buku nyanyian, papan nama yang diperlukan sebelum rapat dan menyimpan kembali peralatan tersebut setelah selesai rapat;
Bertindak sebagai pengawas (sergeant at arms) sewaktu rapat;
Mengatur tempat duduk peserta rapat sesuai tata cara protokoler dan mengkonsultasikan kepada Presiden Club atau penanggung jawab acara.

Tugas & Wewenang Bendahara (ART Pasal 13 Ayat 9)

Menciptakan suasana keakraban dan kekeluargaan diantara anggota dalam club;

Mendenda anggota secara wajar hanya untuk membawa suasana keakraban tidak untuk mencari uang

T : Bagaimana menyelenggarakan Rapat Club yang baik ?
J : Tahapan –tahapannya adalah:
Sambut dan perkenalkanlah semua undangan dengan hangat dan ramah.
Mulailah setiap pertemuan / rapat tepat waktu. Awali dan akhiri setiap pertemuan / rapat sesuai jadwal. Pembahasan setiap masalah yang dibicarakan hendaknya terfokus dan tidak bertele-tele.
Kendalikan jalannya pertemuan / rapat. Berikan kesempatan untuk para peserta mengutarakan pandangan / pendapatnya. Tugas pemimpin rapat adalah mengarahkan semua pembicaraan agar tertuju kepada sasaran, dan pembahasan setiap masalah dapat diselesaikan.
Siapkanlah susunan acara untuk setiap pertemuan / rapat. Usahakan agar setiap peserta yang diundang bertanggung jawab atas laporan yang harus disajikannya.
Sekalipun suatu pertemuan / rapat sangat penting untuk menyelesaikan / membahas suatu masalah, pertemuan / rapat hendaknya dikelola dengan suasana kekeluargaan dan menyenangkan. Usahakan agar semua peserta dapat berperan dalam kegiatan pertemuan / rapat.

J : Susunan Acara Rapat Badan Pengurus
Pembukaan oleh Presiden Club
Roll Call oleh Sekretaris Club
Pembacaan dan pengesahan Risalah Rapat Badan Pengurus Yang Lalu oleh Presiden Club
Pembacaan dan pembahasan surat-surat masuk oleh Sekretaris Club
Laporan Bendahara dan Persetujuan Pengeluaran Club oleh Bendahara Club
Laporan Ketua Panitia,Para Wakil Presiden Club
Laporan para Ketua Komite Club
Laporan dan Pengarahan Presiden Club
Warna Sari
Penutup oleh Presiden Club

T : Bagaimana Susunan Rapat Berkala Lions Club ?
J : Susunan Acara Rapat Berkala Anggota
Pembukaan oleh Presiden Club
Perkenalan tamu & Roll Call oleh Sekretaris Club
Hening Cipta oleh Presiden Club (tidak diharuskan)
Pembacaan Tujuan dan Kode Etik Lions (tidak diharuskan)
Pembacaan Risalah Rapat Yang Lalu oleh Sekretaris Club
Laporan Bendahara Club
Laporan Presiden Club
Warna Sari
Penutup oleh Presiden Club

T : Bagaimana Susunan Rapat Berkala Lions Club, apabila dikunjungi Pejabat Distrik ?
J : Susunan Acara Rapat Berkala Anggota + Kunjungan Pejabat Distrik
Pembukaan oleh Presiden Club
Perkenalan tamu & Roll Call oleh Sekretaris Club
Hening Cipta oleh Presiden Club (tidak diharuskan)
Pembacaan Tujuan dan Kode Etik Lions
Laporan tentang kegiatan dan keadaan Club oleh Presiden Club
Pengarahan dari Pejabat Distrik (misal Gubernur Distrik)
Warna Sari
Penutup oleh Presiden Club
T : Bagaimana pengertian Club Management yang baik ?
J : A. Awal Tahun : Preparation, Setting goal, Making committee assignments, Selecting Services Activities, Determine Record Keeping Methods, Know Your Forms (MMR, PU-101, A-1), Fiscal Responsibilities (preparing the budgets, handling banking issues, setting club dues)
B. Thoughout the Year : Running meetings, Communicating Effectively, Handling Correspondence, Understanding Membership Issues, Financial Responsibilities (iuran tertunda 150 hari sebesar US$ 20 per anggota atau US$ 1.000 per klub, akan secara otomatis distatus Quo dan 90 kemudian menjadi status cancel), Promoting your club.New club extention, Attending Zone meeting, District Governor’s club visit, Attending Convention.
C. Finishing The Year : Recognition, Transitioning to the next Leadership Team.

T : Bagaimana perbandingan aktivitas komunikasi yang benar ?
J :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *